ANDIKA RYAN WIRATAMA

Berpacu menjadi yang terbaik

Keseimbangan robot asimo untuk membantu orang agar berjalan

diposting oleh andika-fst10 pada 30 September 2013
di Umum - 0 komentar

Siapa sekarang yang tidak mengetahui Robot bikinan Honda yang setu ini, Asimo namanya. Asimo adalah robot Humanoid yang memilki fungsi dan sistem kerja medekati tingkah laku manusia. robot ini bahkan dapat berlari dan memiliki keseimbangan yang bagus seperti pada gambar berikut:

ni dapat diaplikasikan dengan sebuah teknologi pengerak pada pasien yang tidak bisa berjalan tetapi memiliki kaki yang utuh sehingga manusia dapat berjalan dengan menambah akuator pada samping kaki manusia sebagai pengganti akuatr pada tubuh yang telah tidak berfungsi teknologi ini dapat diginakan dengan pendekatan sebagai berikut:

Sistem kontrol terhadap pijakan ke tanah

Sistem ini mengontrol agar robot dapat berdiri dalam posisi yang stabil pada permukaan yang tidak rata. Telapak kaki robot menjaga agar ia tidak jatuh. Jika ujung kaki robot menapaki sebuah batu, sistem kontrol akan mengangkat sedikit telapak kaki. Ini untuk mengalihkan gaya yang timbul ke belakang, sehingga tubuhnya dapat kembali berdiri stabil.

 

Sistem kontrol titik beban

 Saat robot kehilangan keseimbangan, sistem ini akan mempercepat gerakan badan robot ke arah di mana ia akan jatuh. Jika robot sedikit membungkuk ke depan dan ia tidak dapat menahan badannya dengan gerakan kaki sehingga bisa terjatuh ke depan, maka sistem kontrol mempercepat langkahnya. Di sini, gaya penyeimbang diberikan agar tidak jatuh. 

Sistem kontrol langkah

Saat tubuh digerakkan untuk menghindari jatuh, terjadi juga gaya balik. Tubuh bagian atas bergerak ke arah depan. Jika langkah selanjutnya dilakukan dengan panjang langkah yang terencana, maka kaki akan menapak kembali tepat menopang tubuh. Kontrol langkah akan mengubah program jalannya dan menyesuaikan panjang langkah dengan tempo. 

Sumber :

world.honda.com/ASIMO

www.sony.net/SonyInfo/QRIO

fira.net/soccer/hurosot/overview.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Blogroll

JAM

welcome

ANDIA RYAN W