ANDIKA RYAN WIRATAMA

Berpacu menjadi yang terbaik

Pengantar Sistem Cerdas

diposting oleh andika-fst10 pada 10 March 2013
di Umum - 2 komentar

Perkemabangan teknologi ya sangat cepat pda masa ini di ciptakan oleh manusia untuk memudahkan manusia melakukan aktivitas. Bahkan dikembangkan suatu alat yang memeilki kecerdasan buatan atau sering disebut Artificial Intelligence (AI). Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menurut Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D. adalah suatu mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu komputer) yang dapat melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Jadi secara umum dapat diartikan kecerdasan buatan adalah suatu system yang deprogram oleh manusia pada suatu alat yang memiliki daya pikir menyerupai daya pikir manusia. Sistem cerdas yang sekarang dikembangkan banyak di aplikasikan dalam  permainan computer cantohnya DOT, Jaringan Syaraf Tiruan dan dalam perkembangan dalam dunia Robotika.

Sistem cerdas ini bukan hanya menggunakan logika “IF…THAN” yang terpaku pada suatu parametre yang tepat atau pasti tetapi menperhitungkan juga rentan ketidak pasitian yang terjadi atau yang akan dihadapi oleh program. Karena pemikiran manusia yang diadopsi oleh sistem cerdas memiliki banyak sekali ketidak pastian maupun ketidak ketidak tepatan dalam mengidentifikasi seperti mendekati atau mirip bukan hal yang memiliki nilai yang pasti. 

Dalam sebelum pembahasan Sistem cerdas ini lebih lanjut mari kita pahami lebih lanjut mari kita bahas mengenai  linier programming dan non linier programming.

  • Linier programming

Program ini menggunakan proses pemecahan masalah melalui perumusan- perumusan matematik dan memiliki parameter yang pasti dan tidak dapat digangu gugat tanpa toleransi. Dalam linier programming juga dikenal seperti parameter masti seperti X maka Y artinya jika mirip X atau jika mendekati X berarti dapat dipastikan bukan Y, dengan kata lain tidak ada toleransi yang diterapkan oleh program. Hal ini tidak sama seperti daya piker manusia yang menerapkan toleransi. Penyelesaian ini mengadopsi penyelesaian secara rumusan matematik yang memiliki nilai pasti.

  • Non linier programming

Program ini sangat berbeda dengan linier programming yang memiliki penyelesaian melalui perumusan matematik yang memiliki nilai pasti tetapi program ini memiliki daya piker seperti yang digunakan pada manusia yaitu memiliki toleransi seperti mendekati mirip dan lain-lain. Sistem cerdas yang sedang kita pelajari bersama ini merupakan salah satuh Non linier Programing yang banyak ketidak pasitian. Cotohnya game Catur yang memungkinkan program membaca berbagi kemungkinan yang dilakukan oleh musuh dan melakukan keputusan tanpa kita perintahkan sebelumnya. Sam juag seperti robot-robot yang telah di bekali program ini dapat berfikir layaknya manusia dan dapat memutuskan tanpa harus deprogram terlebih dahulu.

 


2 Komentar

1. alfian pramudita putra

pada : 12 March 2013

"alfian p p - biomedical engineering'10
i wanna ask,.... :-)
apa yang anda maksud dalam kalimat ini "Sama juga seperti robot-robot yang telah di bekali program ini dapat berfikir layaknya manusia dan dapat memutuskan tanpa harus diprogram terlebih dahulu."?
bukankah dalam kalimat ini terdapat dua hal yang bertolak belakang? dibekali program tanpa harus diprogram?
explain that, please,...."


2. andika

pada : 12 March 2013

"makasi fian buat pertanyaannya
jadi yang tak maksud begini dalam non linier programing tidak dilakukan pemorgraman seraca pasti seperti linier programing "


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Blogroll

JAM

welcome

ANDIA RYAN W